Hal Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan.


Kunci menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. makanan dengan kandungan tinggi nutrisi seperti serat, wajib kita konsumsi, karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan pencernaan kita. Serat akan membantu sistem pencernaan untuk mengolah makanan dengan baik, nah setelah sistem pencernaan bekerja sebagaimana semestinya maka kita tidaka akan pernah merasakan yang namanya mual, muntah, apalagi diare.

Nah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu, kami meilki thips yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan pencernaan kita, berikut tips nya :

1.  Jaga Pola Makan.

Untuk kamu yang sering meninggalkan makan saat jam sibuk, mulai dari sekarang sebaiknya kamu rubah kebiasaan buruk itu, saat kamu meninggalakan jam makanm, lambung akan luka karena tidak adanya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh akibatnya asam lambung pun naik yang bila di biarkan akamu akan berpotensi mengalami berbagai masalah penyakit lambung.

Jadi mulai dari sekarang mulai perhatikan pola makan kamu, perhatikan kapan kamu hasrus makan dan perehatikan asupan makanan yang baik untuk tubuh mu, satu lagi saat kamu akan beraktifitas jangan tinggalkan sarapan pagi mu, karena sarapan dapat bermanfaat menunjang kegiatan mu hari ini.

2.  Rutin Minum Air Putih.

Untuk memudahkan nutrisi larut dalam tubuh, kamu membutuhkan mengkonsumsi banyak air putih, agar sistem pencernaan sehat

3.  Kunyah Makanan Dengan Baik.

Saat kamu mengunyah makanan dengan baik, kamu akan terhindar dari resiko melukai lambung, karena makanan yang di kunyah dengan kurang baiak, akan mengalami pergesekan di dalam lambung yang akan berakibat pada terlukanya lambung kamu.

Dan jangan lupa konsumsi makanan yang banyak mengandung serat tinggi, karena zat ini akan membantu kamu melancarkan pencernaan sampai saluran pencernaan bagaian bawah.

4.  Terapkan Pola Hidup Sehat.

Lakukan pola hidup sehat di bawah ini agar kamu terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan lambung dengan menerapkan pola hidup sehat :

  • Menghindari rokok, konsumsi alkohol dan stres
  • Tidak mengonsumsi makanan yang merangsang peningkatan asam lambung, seperti:
  • Kopi, sari buah sitrus, dan susu
  • Makanan yang sangat pedas atau asam
  • Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya cokelat, keju, dan makanan berlemak
  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, misalnya sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda
  • Berolahraga secara rutin dan teratur


Selain menjaga kesehatan tubuh bagian luar, berolahraga secara rutin dan teratur juga akan menjaga sistem pencernaan kamu dari gangguan kesehatan. Olahraga yang dilakukan secara rutin terkbukti dapat mencegah terjadinya sembelit, perut kembung dan iritasi di lambung.

Artikel Terkait Hal Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan. :