Susu Dan Tukak Lambung.



Menurut sebagian orang tukak lambung bisa di sembuhkan dengan mengkonsumsi susu, karena di percaya dapat menetralisir asam lambung. Namun tahu kah akamu jika reaksi itu hanya sementara?.

Memang susu bisa menetralisir asam lambung karena sifatnya yang akali, pada awalnya penderita tukak lambung akan merasa reda, namun setelah beberapa kemudian reaksi yang sebenarnya akan muncul rasa seperti nyeri dan tidak nyaman.  Di karena kan susu akan memproduksi asam lambung berlebih agar dapat mencerna susu secara lebih sempurna, dengan kata lain saat kamu penderita asam lambung mengkonsumsi susu, bukannya membaik malah memperburuk keadaan karena luka yang terjadi di dinding lambung semakin parah.

Sedangkan untuk produk olahan susu yang sudah di fermentasi justru baik untuk kesehatan lambung kamu, pernyataan ini di perkuat oleh penelitian yang di lakukan oleh Malmo University Hospital di Swedia.

Dalam penelitian ini orang yang banyak mengkonsumsi susu tanpa di olah terlebih dahulu lebih banyak mengidap tukak lambung di banding dengan orang yang banyak mengkonsumsi produk olahan susu. Asupan lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan asam linolenat juga lebih tinggi pada penderita tukak lambung. Mereka yang memiliki asupan tinggi produk susu fermentasi justru menurunkan risiko tukak lambung.

Untuk menghindari dari masalah tukak lambung, kamu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kamu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus kamu kurangi atau bahkan harus di hilangkan untuk menghindari gejala tukak lambung makin parah, berikut daftar makanan dan minuman yang harus di jauhi oleh penderita tukak lambung :

  • Membatasi konsumsi minuman keras. Kandungan alkoholnya dapat menyebabkan iritasi pada bagian lambung yang mengalami peradangan.
  • Berhenti merokok. Rokok dapat menghambat penyembuhan sekaligus meningkatkan risiko tukak lambung.
  • Mengurangi konsumsi teh dan kopi karena keduanya dapat meningkatkan kadar asam lambung.
  • Mengurangi konsumsi susu. Terkadang, mengonsumsi susu dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat tukak lambung. Namun setelahnya, susu akan meningkatkan kadar keasaman lambung sehingga lambung akan bertambah nyeri.
  • Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, keju tua.
  • Menghindari konsumsi makanan pedas atau berlemak.
  • Menerapkan pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.
  • Mengganti obat pereda nyeri yang biasa digunakan jika memungkinkan, dan tanyakan pada dokter obat yang sesuai untuk Anda.
  • Mengontrol stres dan beristirahat secara cukup.

Terapkan pola hidup sehat di setiap kegiatan yang kamu lakukan, perbanyak mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan imbangi dengan olahraga

Artikel Terkait Susu Dan Tukak Lambung. :