Ini Yang Menyebabkan Maag Kambuh.



Selaian karena pola hidup yang tidak sehat, ternyata sakit maag juga dapat di sebabkan oleh konsumsi obat anti-inflamasi non steroid (OAINS), gangguan autoimun, ataupun kondisi seperti penyakit Crohn, sarcoidosis, serta gastritis granulomatosis terisolasi.

Ada hal yang harus kamu tahu, saat kamu dalam masa pengobatan, atau sters dan mengkonsumsi makanan/minuman tertentu, maag yang kamu derita bisa tiba-tiba saja kronis atau bahkan akut

Mengatur pola makan adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meredakan atau bahkan mengatasi gejala maag yang di derita, selain mengatur pola makan, ada beberapa jenis makanan yang wajib di batasi atau bahkan di hentikan untuk menjaga maag mu tidak kambuh, berikut beberapa makanan adan minuman yang harus di hindari :

  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman ini dapat menyebabkan maag akut.
  • Hindari makanan tinggi lemak.
  • Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi seperti soda.
  • Batasi konsumsi jus buah yang mengandung asam sitrat seperti anggur, jeruk, nanas.
  • Hindari obat-obatan kelompok OAINS seperti ibuprofen dan aspirin. Obat-obatan ini dapat diganti dengan pereda sakit lain seperti paracetamol.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung cokelat.
  • Kurangi makanan yang digoreng.
  • Batasi konsumsi makanan olahan seperti pasta, gula, dan roti putih.
  • Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung asam lemak trans seperti keik, kue, crackers, kentang goreng, donat, margarin, serta makanan yang diproses seperti sosis.
  • Kenali dan hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Memang makanan di atas tidak selalu menjadi penyebab maag kambuh, namun ada baiknya jika makanan di atas kamu hindari, karena mencegah lebih baik dari mengobati.

Sedangkan untuk pengobatannya sendiri, penanganan maag tergantung pada penyebabnya. Pada umumnya obat yang biasa di pakai untuk obat maag adalah antasida atau penghambat histamin, kalau gejala maag yang kamu di sebabkan oleh infeksi bakteri kamu meemelukan kombinasi obat antibiotik.  Selain itu, pengalaman traumatis atau pun gaya hidup dengan tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan maag. Lindungi diri dengan mengelola stres.

Sebagaian orang masih berpikir jika makanan pedas dapat menyebabkan maag kambuh, pada kenyataannya, bahan kimia capsaicin dalam cabai adalah yang memicu saraf pada lambung untuk mengirim sinyal adanya iritasi lambung ke otak, sehingga menimbulkan rangkaian respon dari tubuh untuk melindungi lambung.

Jika kamu mengalami gejala maag segera periksakan ke dokter terdekat, untuk bisa mnedapatkan penanganan yang baik sebelum sakit maag yang kamu derita semakin parah.

Artikel Terkait Ini Yang Menyebabkan Maag Kambuh. :